Minggu, 07 Juli 2013

OBSERVASI MENGENAI EVALUASI PEMBELAJARAN


LAPORAN OBSERVASI
 “ DESAIN EVALUASI PEMBELAJARAN ”



Laporan ini disusun dan diajukan untuk memenuhi tugas matakuliah
Perencanaan Pembelajaran Semester 4
Dosen pengampu:
Taqiyudin Subki, M. Ag
Disusun Oleh :
Rosti Hidayah     (40211032)

STKIP ISLAM BUMIAYU
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN ISLAM
BUMIAYU
2013

Nama SD                         :  SDN Taraban 01
Tempat Wawancara         :  Di Kantor
Waktu                               : Rabu, 5 Juni 2013
Materi                               : Desain Evaluasi Pembelajaran

  1. Bagaimana mengevaluasi pembelajaran dengan baik sesuai dengan karakteristik peserta didik ?Menurut Ibu Dikoh selaku wali kelas 4 mengungkapkan bahwa dalam mengevaluasi pembelajaran dengan baik sesuai karakteristik peserta didik harus berdasarkan atau melihat Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang sesuai dengan materi yang akan di sampaikan di kelas.
  2.  Apakah manfaat evaluasi dalam sebuah pembelajaran ? Ibu Dikoh mengatakan, evaluasi dalam sebuah proses pembelajaran banyak sekali manfaatnya. Salah satu di antaranya dan yang paling mendasar adalah untuk mengetahui kemampuan perkembangan anak.
  3. Bagaimana fungsi evaluasi terhadap perkembangan peserta didik ? Fungsi evaluasi terhadap perkembangan peserta didik, agar anak atau peserta didik lebih rajin belajar, dan dapat mengetahui sampai mana kemampuan peserta didik dalam memahami materi yang telah di sampaikan guru.
  4.  Jelaskan perbedaan antara evaluasi, tes, penilaian, dan pengukuran ? Evaluasi di lakukan untuk mengetahui apakah siswa telah berhasil atau belum Tes di lakukan untuk menguji kemampuan siswa yang biasanya di adakan dalam bentuk tes tertulis maupun lisan. Penilaian merupakan hasil dari di adakannya evaluasi pembelajaran tersebut Pengukuran di laksanakan untuk mengukur kemampuan siswa atau sejauh mana siswa dalam menerima materi yang telah di sampaikan.
  5.   Lebih penting manakah antara evaluasi pembelajaran dan evaluasi hasil belajar ? Evaluasi pembelajaran di lakukan pada saat setelah guru selesai memenyampaikan materi, sedangkan evaluasi hasil belajar biasanya di lakukan dalam bentuk penilaian yang di ambil dari Ulangan harian, UTS, ataupun UAS. Jadi anatara keduanya yang paling penting adalah evaluasi pembelajaran atau proses dari pembelajaran tersebut.
  6.  Faktor apa sajakah yang mempengaruhi evaluasi pembelajaran ? Pada umumnya faktor yang mempengaruhi evaluasi pembelajaran adalah : a.       Keadaan peserta didik. b.      Hubungan sosial. c.       Materi yang di berikan.
  7. Apakah evaluasi pembelajaran yang di lakukan guru menentukan keberhasilan peserta didik ? Menurut Ibu Dikoh, evaluasi sangat menentukan keberhasilan peserta didik karena bertujuan agar anak tidak merasa bingung dengan materi yang di sampaikan dan dapat di lanjutkan atau menerima materi selanjutnya.
  8. Bagaimana menyusun evaluasi pembelajaran dengan baik ? Dengan membuat RPP, Silabus, Program semester atau Program tahunan pembelajaran dengan baik, yang bertujuan materi yang akan di sampaikan selama proses pembelajaran dapat terarah dan mempermudah dalam menyusun evaluasi pembelajaran yang akan di laksanakan.
  9. Bagaimana caranya mengevaluasi pembelajaran yang di lakukan oleh guru ? Dengan melihat tingkat pemahaman siswa melalui evaluasi pembelajaran oleh guru kepada siswa baik soal pilihan ganda maupun essay. Dengan melihat ini guru bisa menginstropeksi pembelajaran yang dilakukan baik metodenya, strateginya maupun medianya.
  10. Bagaimana sikap guru dalam mengevaluasi tes akhir ? Sikap guru dalam mengevaluasi tes akhir yaitu dengan bersikap professional, tidak memberikan jawaban kepada peserta didiknya dan tidak mendiskriminatif peserta didiknya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar