BAB
I
PENDAHULUAN
Pengolahan data telah dilakukan manusia sejak jaman
dahulu, berpikir untuk menemukan peralatan-peralatan yang dapat mengolah data
lebih cepat. Misalnya: anda salah satu dari ribuan juataan manusia yang memakai
kalkulator saku. Alat ini dapat
melakukan perhitungan matematika, menghitung laba dsb. Namun itu terasa belum
cukup dan manusia berusaha menemukan peralatan yang lebih canggih. Komputer
adalah jawabannya.
Komputer telah
dipakai disemua bidang kehidupan manusia. Ada baiknya kita mengetahui sejarah
perkembangan dari komputer hingga saat ini. Karena mengetahui sejarah
perkembangan komputer, kita juga sekaligus mengetahui perkembangan hardware
karena pada perkembangan komputer selain perkembangan software atau perangkat
lunak, perkembangan hardware atau perangkat keras memiliki andil yang sangat
besar. Hal ini karena perkembangan software dimulai dari perkembangan hardware.
Sebagai contoh, perkembangan PC game dikembangkan mengikuti perkembangan
hardware seperti RAM, harddisc, VGA, keyboard, mouse dan lain sebagainya.
Penyusunan makalah ini secara khusus sebagai tugas
mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi serta secara umum sebagai informasi
kepada pembaca tentang hardware input atau perangkat keras input.
Semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi kami dan bagi
pembaca. Kritik dan saran selalu kami tunggu untuk bahan koreksi bagi kami
untuk penyusunan berikutnya.
BAB
II
PEMBAHASAN
PERANGKAT KERAS
INPUT
Berdasarkan
Sifatnya, Peralatan Input Dapat Digolongkan Menjadi Dua Yaitu :
1. Peratalan input langsung, yaitu input yang
dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse,
touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
2. Peralatan input tidak langsung, input yang
melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses.
Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Peralatan Input
1. Keyboard
2. Mouse
3. Touchpad
4. Light Pen
5. Joy Stick
6. Barcode Reader
7. Scanner
8. Kamera Digital
9. Mikropon dan
Headphone
10. Graphics Pads
A. KEYBOARD
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu
pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf,
angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan
perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka
file.
Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang
diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada
tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang
digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini
diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).
Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita
kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-jenis
Keyboard
1) QWERTY
2) DVORAK
3) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang
bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat
bagian yaitu :
1. Typewriter Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan
tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya.
2. Numeric Key
Tombol ini
terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow
key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai
angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai
arrow key.
3. Function Key
Tombol ini
terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12.
Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
4. Special Function
Key
Tombol ini terdiri
atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan
secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan
bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan
bersamaan ctrl dan arrow key.
B.
MOUSE
Mouse adalah salah unit masukan (input
device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara
cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis
dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).
Sinyal-sinyal listrik sebagai input device
mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran
atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya
hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini
mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol
ini terletak ditengah.
Istilah penekanan tombol kiri disebut
dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada
objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk
penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang
disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa
melepaskannya dengan sambil digeser.
Drag ini akan mengakibatkan objek akan
berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol
kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double
click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan
(right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2,
usb dan wireless.
C.
TOUCHPAD
Unit masukkan ini biasanya dapat kita
temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari.
Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad
adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
D.
LIGHT PEN
Light pen adalah pointer elektronik yang
digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light
pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang
kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal
elektronik setiap baris per detik.
E.
JOY STICK DAN GAMES PADDLE
Alat ini biasa digunakan pada permainan
(games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle
biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan
tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
F.
BARCODE
Barcode termasuk dalam unit masukan (input
device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk
kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam
bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan,
minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket
atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya
dengan barcode.
G.
SCANNER
Scanner adalah sebuah alat yang dapat
berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan
ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam
harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy,
perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan
scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga
kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan
kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk
gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban
komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban
komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban
Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari
lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner
yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan
biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk
mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan
teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin
scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti
formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab
menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen
dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
H.
KAMERA DIGITAL
Perkembangan teknologi telah begitu canggih
sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan
Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan
dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari
kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat
ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak
memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera
digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian
dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di
pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk
mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup
atau bergerak seperti halnya video.
I.
MIKROPON DAN HEADPHONE
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam
atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk
mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat
berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan
mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk
menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
J.
GRAPHICS PADS
Teknologi Computer Aided Design (CAD)
dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan
menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk
menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis.
Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai
bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan
membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah
yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua,
menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan
jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan,
kemudian ditulisi dengan pensil.
BAB
III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Komputer adalah seperangkat alat eletronik yang
mengolah data-data menjadi informasi bantuan instuksi yang dimengerti oleh
komputer yang disebut bahasa program.
Dengan menggunakan komputer dalam memecahkan suatu
masalah, maka akan merasakan manfaat yang besar dalam hal : efisien waktu,
biaya dan tenaga, kecermatan dan ketelitian perhitungan, ketetapan suatu
analisa jumlah data yang dapat diolah besar dapat memecahkan masalah-masalah
yang rumit yang tidak dilakukan tanpa menggunakan komputer. Hasil komputer
dapat disajikan lebih baik dan menarik.
Berdasarkan Sifatnya, Peralatan Input Dapat
Digolongkan Menjadi Dua Yaitu :
1. Peratalan
input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat
pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer
graphics tablet, scanner.
2. Peralatan
input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input
diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Peralatan Input : Keyboard, Mouse, Touchpad, Light Pen,
Joy Stick, Barcode Reader, Scanner, Kamera Digital, Mikropon dan Headphone, Graphics
Pads.
B.
DAFTAR PUSTAKA
http://valentinorory.blogspot.com
INFORMSI MENARIK
BalasHapusMy blog